Selamat Datang

SELAMAT DATANG :: SUGENG RAWUH :: ترحيب :: WELCOME :: BIENVENUE :: 的欢迎 :: WELKOM :: BEM-VINDO :: BIENVENIDOS :: καλωσόρισμα

Selasa, 13 November 2012

#50 - 1 :: 100 Penyanyi Indonesia Terbaik Sepanjang Zaman

Pada postingan sebelumnya, Yuni Shara hadir sebagai pembuka hitung mundur seratus penyanyi Indonesia terbaik sepanjang zaman. Kini kita lanjut dari urutan limapuluh hingga ke nomor wahid dalam daftar ini...

50. Andre Hehanussa
Pernah berduet dengan Julio Iglesias untuk sebuah single dua bahasa. Talenta Ambon lainnya yang bersuara apik. Pelantun Karena Kutahu Engkau Begitu ini pantas masuk jajaran big fifty.
Tembang kunci : Bidadari; Kuta Bali; Karena Kutahu Engkau Begitu

49. Trie Utami 
Adik kandung Purwacaraka ini mulai melejit setelah sukses menjadi pemuncak Lomba Cipta Lagu Remaja Prambors di tahun 1987 dengan lagu karangan Edwin Saladin dan Adelansyah bertitel Keraguan, meski setahun sebelumnya ia didaulat sebagai vokalis band jazz etnik kondang, Krakatau. Karir musik Iie, begitu sapaan akrabnya, begitu berwarna pasca ia bersama Atiek CB, Vina Panduwinata dan Malyda membentuk grup Rumpies yang melejitkan Nurlela di tahun 1990. Terakhir, karya baktinya dalam seni musik lebih banyak ia suguhkan bersama grup musik etnik garapan seniman Jogjakarta Djaduk Ferianto, Kua Etnika.
Tembang kunci : Kau Datang; La Samba Primadona; Keraguan

48. Rita Effendy
Biduanita yang telah mengemas tujuh album solo ini bersuara syahdu menyayat dan tentunya salah satu solois wanita jempolan di tanah air. Saya pribadi menilai lagu Selamat Jalan Kekasih adalah lagu terbaiknya.
Tembang kunci : Tambatkan Aku Dalam Hatimu; Selamat Jalan Kekasih; Januari di Kota Dili

47. Sam D'lloyd
Tak dapat dipungkiri, dekade 1970an adalah tahun dimana band-band musik populer terus bermunculan seiring dengan gebrakan band rock yang kian menggeliat. Dan ini memang harus terjadi dalam konstelasi musik Nusantara sebagai balance of power yang disadari atau tidak turut memberikan warna tersendiri dalam khasanah musik lokal. D'lloyd adalah salah satu pengusung musik pop saat itu dengan tarikan suara Samsyuar Hasyim a.k.a Sam. D'lloyd ditinggal Sam yang telah pergi menghadap Sang Maha Pencipta di bulan Juni 2012.
Tembang kunci : Apa Salah dan Dosaku; Mengapa Harus Jumpa; Oh Tak Mungkin

46. Ucok Harahap
Rocker berambut kribo yang juga aktor di masa jayanya ini memiliki tarikan suara garang, yang ia sumbangkan bersama band AKA serta Duo Kribo, sebuah proyek duetnya dengan Ahmad Albar. Penyanyi yang telah berpulang ke pangkuan Ilahi di tahun 2009 ini, dikenal dengan aksi-aksi dahsyat dan fenomenal di atas panggung, seperti jungkir balik ataupun menggantung diri.
Tembang kunci : Badai Bulan Desember; Neraka Jahanam; Do What You Like

45. Sawung Jabo
Seniman hebat dengan idealisme kuat. Suara lantangnya adalah suara hati seorang petualang yang telah menjelajahi alam kesedihan dan ketamakan manusia. Kontemplasinya berbuah pengakuan, kebutuhan, dan keagungan cinta kepada Sang Maha Pencipta.
Tembang kunci : Anak Wayang; Lingkaran Aku Cinta PadaMu; Di HatiMu Aku Berlindung

44. Titi DJ
Ditunjang vokal prima, kolaborasi dengan Indra Lesmana yang menggarap musik untuk album di awal-awal karirnya, menghasilkan karya-karya megah.
Tembang kunci : Ekspresi feat. Indra Lesmana; Bahasa Kalbu; Sang Dewi

43. Bebi Romeo
Singer-songwritter bersuara bass yang cukup produktif menciptakan lagu dengan karakter yang cenderung berat, seberat suaranya. Andai musisi yang identik dengan rambut gondrongnya ini merekam ulang What A Wonderful World, mungkin tak akan beda jauh dengan versi aslinya yang dibawakan Louis Armstrong.
Tembang kunci : Dua Hati; Bunga Terakhir; Mati Bersamamu

42. Nugie
Nugie menulis lagu tentang kesehariannya dalam memaknai kehidupan di waktu dulu saat gitar bolong menjadi nadinya dengan rambut sebahu yang turut mengiringi suara hatinya. Burung Gereja menjadikan adik kandung Katon Bagaskara ini sebagai penyanyi yang suaranya mulai dinikmati khalayak kala itu.
Tembang kunci : Pembuat Teh; Burung Gereja; Teman Baikku

41. Fariz RM
Musisi idealis yang piawai memainkan berbagai alat musik. Dengan idealismenya ia kemas sendiri tembang-tembangnya dan menghasilkan sesuatu yang menawan dengan tarikan suara yang menyegarkan hati dan pikiran.
Tembang kunci : Sakura; Barcelona; Panggung Perak

40. Ikang Fawzi
Karakter vokal rocker kawakan yang satu ini sangat unik : serak dan dapat menukik tajam.
Tembang kunci : Preman; Catatan Si Boy; Aku Cinta Kamu

39. Once
Karakter vokalnya mirip Sting lebih cocok untuk lagu yang sedikit lembut.
Tembang kunci : Anggun; Roman Picisan; Dealova

38. Elvy Sukaesih
Dialah penyanyi dangdut wanita terbaik tanah air saat ini dengan cengkok melayu yang tiada duanya.
Tembang kunci : Hidung Belang; 17 Tahun; Kuda Lumping

37. Bing Slamet
Salah satu emasberlian dunia seni Indonesia. Dilahirkan untuk memberikan hiburan bagi bangsa Indonesia yang sedang berusaha membangkitkan semangat diri untuk menghapus jejak dan memori penindasan penjajah dan berbagai problem kompleks saat itu. Serba bisa dan melegenda. Berbagai kesenian ia geluti dan menjadikannya sebagai seniman berbobot yang diapresiasi tinggi oleh khalayak bahkan oleh Bung Karno. Dalam menyanyi, ia sering merubah karakter suaranya pada satu tembang yang dilantunkan.
Tembang kunci : Genjer Genjer; Belaian Sayang; Nonton Bioskop

36. Atiek CB
Ada kemiripan Atiek CB dengan Cindy Lauper. Keduanya terkadang mendesah dan merintih dalam melantunkan lagu. Khusus untuk pelantun Terserah Boy, sering ia bernyanyi dengan aksen Bahasa Inggris. Penyanyi yang kini menetap di negeri Uncle Sam ini mudah dikenali dengan kacamata yang tak pernah lepas dari wajahnya.
Tembang kunci : Terapung; Risau; Maafkan

35. Gombloh
Gaya khas sang nasionalis adalah topi dan kacamata hitam serta kumis tebal yang menghiasi wajah tuanya. Karyanya selalu menggelora seiring dengan dekadensi kebesaran bumi Nusantara.
Tembang kunci : Kugadaikan Cintaku; Berita Cuaca; Kebyar Kebyar

34. Ebiet G. Ade
Suara hati Ebiet adalah suara hati tentang warna-warni dunia yang lebih banyak menyisakan tangis dan kepedihan untuknya, dan dituangkan dalam guratan kata-kata puitis, lalu ia lantunkan dalam nada-nada nestapa.
Tembang kunci : Aku Ingin Pulang; Camelia; Kupu-kupu Kertas

33. Ellya Khadam 
Ini dia avant-garde musik melayu dengan sentuhan India yang kelak kita apresiasi sebagai musik dangdut. Seperti pernah ditulis oleh Remy Silado, lagu Boneka dari India adalah embrio dangdut saat ini. Elemen bunyi dang-dang-dut belum pernah dipakai oleh musisi lain sebelumnya. Tak hanya dalam seni tarik suara, penyanyi yang telah mendahului kita di tahun 2009 ini, juga bertalenta dalam dunia seni peran. Singkatnya, Ellya adalah entertainer sejati. 
Tembang kunci : Boneka dari India; Pergi Tanpa Pesan; Pengertian

32. Edy Silitonga
Silakan dengar Adakah Lagi Pelangi. Lagu tersebut memamerkan keunikan suaranya dalam karakter tenor yang bersih.
Tembang kunci : Jatuh Cinta; Biarlah Sendiri; Adakah Lagi Pelangi

31. Andy Rif
Nyaris menjadi personil Dewa 19 menggantikan Ari Lasso yang cabut, Andy kemudian malah melejit bersama Rif dengan single pertamanya Radja yang menyajikan hidangan rock dengan vokal tiada duanya yang manis tapi riuh.
Tembang kunci : Bunga; Radja; Manis dan Sayang

30. Trison Manurung
Rocker bertampang garang yang memiliki kedahsyatan prima pada karakter vokalnya yang cenderung bersih. Nikmati kejernihan suara berwarna tenor yang bertenaga dalam alunan metal Rock Bergema.
Tembang kunci : Rock Bergema; Gontai; Kau Pikir Kaulah Segalanya


29. January Christy
Dulu, awalnya saya menyangka January Christy adalah penyanyi pria saat pertama kali mendengar suaranya. Vokal solois kelahiran Bandung ini memang nyata-nyata unik.
Tembang kunci : Melayang; Aku Ini Punya Siapa; Tuhan Ada Dimana-mana

28. Farid Harja
Artis yang ini memiliki suara dahsyat yang begitu harmoni dengan irama rock dengan beat cepat atawa rock n' roll. Sosoknya saat masih hidup sangat familiar dengan kacamata beraneka warna serta tubuh gemuk namun tetap menunjukkan kelincahannya. Kiranya, Farid Harja adalah salah satu legenda yang pantas mendapat salutasi dari rakyat musik tanah air. 
Tembang kunci : Karmila; Bercinta di Udara; Romantika Diamor

27. David Naif
Elvis Presley-nya Indonesia? Ya, kurang lebihnya begitu. Tapi, penyanyi dengan gaya panggung yang terkadang kocak ini juga piawai dalam mengolah suara dengan warna yang berbeda-beda. Untuk yang satu ini mungkin Bing Slamet menginspirasi David. Tak pelak suasana dinamis pun tercipta saat kita menikmati lagu-lagu Naif, entah di pemutar lagu anda, atau saat Naif tampil di panggung.
Tembang kunci : Aku Rela; Jikalau; Kencan Pertama

26. Ari Lasso
Saya rasa puncak kreatifitas eks vokalis Dewa 19 ini dalam olah vokal adalah album ketiga dan keempat Dewa 19, Terbaik Terbaik dan Pandawa Lima. Pada dua album legendaris tersebut, pengidola Rod Stewart ini menasbihkan diri sebagai salah satu penyanyi terbaik di bumi Indonesia.
Tembang kunci : Cukup Siti Nurbaya; Kita Tidak Sedang Bercinta Lagi; Mengejar Matahari

25. Sam Bimbo
Sam Bimbo mengalunkan nada dengan santun sesantun gita-gita yang kini melekat pada grup Bimbo. Tanpa mengesampingkan tiga personil Bimbo lainnya, Sam saya akui mengangkat performa grup tersebut secara keseluruhan.
Tembang kunci : Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya; Jumpa Untuk Berpisah; Tuhan

24. Roy Jeconiah
Karakter vokalnya jelas-jelas berbeda dengan Freddy Mercury. Tapi kalau Queen mau merekrut vokalis bersuara luar biasa ini, mereka bisa kembali menggemakan karya-karya lamanya dengan citarasa baru yang benar-benar fresh.
Tembang kunci : Pelangi; Gadis Extravaganza; Neraka Jahanam

23. Kaka Slank
Tiga tembang kunci di bawah adalah transisi corak vokal Kaka yang cenderung semakin serak. Begitulah, performa optimalnya tiap kali konser Slank nyata-nyata telah sedikit merubah warna vokalnya. Namun, corak tenor yang ia miliki kini masih memiliki kedahsyatan seperti album-album awal Slank.
Tembang kunci : Memang; Piss; Balikin

22. Keenan Nasution
Keenan dikenal sebagai drummer ketika menggawangi Guruh Gipsy ataupun Gank Pegangsaan. Namun ia juga bertindak sebagai vokalis disana dengan suaranya yang cukup bening dan menggeliat liar.
Tembang kunci : Nuansa Bening; Dirimu (Gank Pegangsaan); Berangkat dalam Diam

21. Heidy Ibrahim
Direview oleh : Kresna Kumara Jati
Disimak dari album pertama Powerslaves hingga saat ini kualitas dan karakter kuat vokal Heidy Ibrahim tak banyak berubah. Mungkin dapat saya katakan bahwa karakter vokal penyanyi yang juga jago menggambar, Heidy Ibrahim adalah 'Gado-Gado' nya antara Robert Plant, Mick Jagger, Steven Tyler dan Axl Rose. Pada lagu Find Our Love Again sangat mempertegas bahwa vokalis / penyanyi rock papan atas Indonesia telah lahir dan akan bertahan cukup lama. Terbukti!
Tembang kunci : Sisa; Find Our Love Again; Semarang

20. Harvey Malaiholo
Sentuhan lembut penyanyi yang satu ini pada tembang-tembang yang ia bawakan melembutkan hati setelah kita menikmatinya.
Tembang kunci : Pelabuhan Cinta; Pengertian

19. Titiek Puspa
Tahun 60an ia sudah menyanyikan suara hatinya hingga kini di usianya yang memasuki kepala enam. Tak hanya itu, musisi pionir ini juga penulis lagu handal dan produktif.
Tembang kunci : Bing; Kupu-kupu Malam; Jatuh Cinta

18. Yok Koeswoyo
Suaranya lebih lembut, harmonisasi apik dengan suara Yon yang lebih tinggi.
Tembang kunci : Nusantara V; Kolam Susu; Mari Berjoget

17. Armand Maulana
Dengan gaya panggung atraktif, Armand Maulana secara mengesankan mampu mengontrol nada vokalnya dengan baik. Pastinya ditunjang dengan stamina prima. 
Tembang kunci : Angan; Julia; Janji

16. Katon Bagaskara
Ada sentimen idealisme, kepekaan nurani, dan sentuhan emosi yang luar biasa dalam tembang-tembang Kla Project yang sebagian besar diciptakan sang vokalis utama yang selalu memainkan nadanya dengan rendah hati.
Tembang kunci : Larahati; Belahan Jiwa; Tentang Kita

15. Ipang BIP
Bersama band alternatif Plastik, Ipang memplokamirkan diri sebagai musisi rock jempolan. Sepeninggal band yang ia besarkan bersama Didit Saad tersebut, rocker berambut gimbal ini bergabung dengan band berisikan para musisi papan atas, BIP. Namun, selanjutnya penyanyi bernama asli Irfan Fahri Lazuardy ini lebih dikenal sebagai spesialis soundtrack film. Dan pada Mei 2012 ia meluncurkan album solo perdananya. 
Tembang kunci : Seperti (dengan band Plastik); Koncianmu; Saat Seperti Ini 

14. Ahmad Dhani
Dhani selalu menyanyikan minimal satu lagu pada setiap album Dewa 19. Imagi Cinta, Rien (duet dengan Ari Lasso), atau Manusia Biasa dinyanyikan dengan karakternya yang bertenaga. Album Ideologi Sikap Otak adalah ultima ratio seorang Dhani sebagai pemusik pemikir dengan vokal dahsyat.
Tembang kunci : Kuldesak; Distorsi; Manusia Biasa

13. Gito Rollies
Suara serak menjadi ciri yang melekat pada rocker yang tenar bersama The Rollies.
Tembang kunci : Astuti; Cinta Yang Tulus; Nona

12. Ruth Sahanaya
Produk istimewa dan tak terbantahkan.
Tembang kunci : Astaga; Tak Kuduga; Keliru

11. Benyamin Suaeb
Sang legenda selalu bernyanyi apa adanya, terkadang meledak-ledak, menyentil dan sulit diduga. Menikmati karya seniman multitalenta ini, terbayang keceriaan yang selalu ia tawarkan.
Tembang kunci : Kompor Mleduk; Disini Aje; Badminton

10. Hari Moekti
Musisi yang sekarang aktif berkhotbah ini, pada masa mudanya menggeliat dengan tembang-tembang rock manis yang ia lantunkan dengan galak dan terkadang genit, baik ketika bersolo karir maupun bersama band Adegan atau Makara.
Tembang kunci : Ada Kamu; Nona Nona Nona; Satu Kata

9. Yon Koeswoyo
Karakter suara Yon yang sederhana nan khas tersaji dalam setiap album yang dirilis band avantgarde tanah air. Sepengetahuan saya, ialah satusatunya eks personil Koes Plus yang masih konsisten menggeluti musik, khususnya memperdengarkan lagi kejayaan era emasnya dahulu bersama personil lainnya kepada para penikmat setia Koes Plus di seluruh penjuru Nusantara.
Tembang kunci : Kembali ke Jakarta; Kelelawar; Bunga di Tepi Jalan

8. Vina Panduwinata
Dengan sedikit kecentilan pada olah suaranya yang begitu unik, Si Burung Camar memberikan warna berbeda pada setiap lagu yang ia bawakan.
Tembang kunci : Burung Camar; Biru; Kumpul Bocah

7. Ahmad Albar
Rockstar sejati yang tidak ada matinya. Dianugerahi suara luar biasa dilengkapi teknik dengan acungan jempol. Tak melulu rock, lagu pop pun Iyek nyanyikan dengan sempurna.
Tembang kunci : Kehidupan; Lenggang Puspita; Semut Hitam

6. Rhoma Irama
Sang raja dangdut yang belum memiliki suksesor sejati khususnya dalam melestarikan musik melayu ini di tanah air. Bang Rhoma biasa menyelipkan dakwah dalam setiap konsernya yang diiringi Soneta, selain menciptakan gerak-gerak serempak yang sensasional bersama personil Soneta yang lain.
Tembang kunci : Judi; Begadang; Lari Pagi

5. Anggun
Ia melejit lewat tembang Mimpi yang membawa dirinya melayang bebas di langit musik rock tanah air, yang saat itu tahun 80an diwarnai dengan kemunculan para lady rocker yang kelak meledak.
Tembang kunci : Mimpi; Bayang-bayang Ilusi; Tua-tua Keladi

4. Chrisye
Vokalnya tenang, lirih, syahdu dan cenderung sendu. Namanya harum dengan puluhan tembang ciptaannya sendiri maupun musikus lainnya, dengan penggemar setia yang senantiasa bersenandung untuk mengenang kebersahajaannya.
Tembang kunci : Lilin-lilin Kecil; Ketika Tangan dan Kaki Berkata; Anak Sekolah

3. Nicky Astria
Lady rocker terbaik tanah air yang selalu menghentak dimanapun dan kapanpun musik rock mulai dimainkan. Lagu balada ataupun up-beat rock ia tuangkan dalam lantunan syahdu ataupun lengkingan menggelegar dengan penjiwaan yang kuat. Ia sungguh tak tertandingi oleh lady rocker lainnya.
Tembang kunci : Cinta di Kota Tua; Misteri Cinta; Jarum Neraka

2. Utha Likumahuwa
Utha Likumahuwa telah pergi dengan meninggalkan karya-karya emas melegenda yang menghadirkan suara merdu dan kualitas tak terbantahkan.
Tembang kunci : Puncak Asmara; Esok Kan Masih Ada; Sesaat Kau Hadir

1. Iwan Fals
Tembang kunci : Bongkar; Belum Ada Judul; Yang Tersendiri

2 komentar: