Selamat Datang

SELAMAT DATANG :: SUGENG RAWUH :: ترحيب :: WELCOME :: BIENVENUE :: 的欢迎 :: WELKOM :: BEM-VINDO :: BIENVENIDOS :: καλωσόρισμα

Senin, 12 November 2012

#100 - 51 :: 100 Penyanyi Indonesia Terbaik Sepanjang Zaman

Oleh : Ngadidjo Stinger

Negeri ini tidak pernah kehabisan stok penyanyi berkualitas. Sederet nama dikenal sebagai penyanyi yang memiliki olah vokal yang dahsyat, yang berkarir solo maupun dengan band atau grup mereka. Tak hanya itu, mereka pun memiliki karakter suara yang khas yang bisa langsung dikenali dari lagu yang dimainkan. Sebuah karunia luar biasa dari Allah, Tuhan Yang Maha Agung. Ada yang bersuara serak, merdu, melengking atau juga yang halus lembut. Lalu, ada juga yang unik dengan gaya nyanyi yang unik pula. Tentunya kualitas olah vokal ini ditunjang dengan pemilihan lagu yang sesuai dengan karakter mereka.

Sebuah lagu tertentu akan semakin dahsyat apabila dilantunkan penyanyi yang tepat. Tepat disini bisa diartikan penyanyi tersebut memiliki karakter yang cocok dengan lagu yang dibawakan. Atau bisa juga dikatakan penyanyi tersebut bisa menjiwai keseluruhan isi lagu. Beberapa hal tersebut bisa menjadi sesuatu yang sangat penting karena mempengaruhi output yang dihasilkan, yakni hasil di rekaman maupun penampilan di atas panggung.

Sebaliknya, hal itu bisa jadi bukan sesuatu yang mutlak karena yang utama adalah gubahan sebuah lagu itu sendiri. Namun, tetap saja kualitas seorang vokalis tidak lantas menurun hanya karena lagu yang dinilai kurang oke. Karena sejatinya mereka memang dilahirkan untuk menjadi musisi wahid dengan suara mumpuni yang kemudian memberikan pengaruh luar biasa dalam konstelasi musik tanah air. Dan Indonesia memiliki deretan nama berkualitas yang patut mendapat tempat dalam daftar seratus penyanyi terbaik zaman.

100. Yuni Shara
Spesialis tembang kenangan karena karakter suaranya cocok untuk itu. Tak heran, Yuni justru sukses dengan album recycle seperti Hilang Permataku atau Mengapa Tiada Maaf ketimbang album solonya yang lain. Tembang garapan Eros Djarot bertajuk Pelangi kian menunjukkan karakter sendu kakak kandung Krisdayanti ini.
Tembang kunci : Mengapa Tiada Maaf; Hilang Permataku; Pelangi

99. Melly Goeslaw
Tak hanya produktif dalam menulis lagu, penyanyi Potret juga piawai menonjolkan penampilannya dalam kostum yang unik di atas panggung dan lirik yang terkadang nyeleneh namun asik dengan musik yang biasanya di komposeri oleh suaminya, Anto Hoed.
Tembang kunci : Salah; Diam; Bunda

98. Iman J-Rocks
Suaranya tergolong jarang ditemui pada penyanyi band rock yang lain di negeri ini. Selain itu, Iman juga piawai memainkan gitar dan keyboard.
Tembang kunci : Ceria; Selamat Tinggal Kekasihku; Meraih Mimpi

97. Julius Sitanggang
Julius Sitanggang adalah profil penyanyi yang memulai karirnya sejak masih kecil, sekitar usia 10 tahunan bersama grup yang beranggotakan saudara kandungnya, De Joli's. Dan kemudian, penyanyi kelahiran tahun 1973 ini makin populer di era 80an dengan lagu balada yang banyak bertema kesedihan hati.
Tembang kunci : Maria; Kenyataan Hidup; Balada Anak Nelayan

96. Agnes Monica
Yang ini juga mantan penyanyi cilik. Muda, energik dan dinamis. Pernah berduet bareng Eza Yayang; yang kelak saat remaja membentuk band Dot; dalam album Yess!! yang berisi lagu-lagu karya Doel Sumbang. Namanya terus meroket sejak lagu karya Melly Goeslaw, yaitu Pernikahan Dini ia lantunkan sebagai soundtrack sebuah sinema elektronik berjudul sama yang bisa juga disebut pelepasan citra dirinya sebagai penyanyi cilik.
Tembang kunci : Bilang Saja; Pernikahan Dini; Cinta Mati (feat. Ahmad Dhani)

Penky The Pineapples
95. Pengky The Pineapples
Pengky adalah The Pineapples, begitupun sebaliknya. Vokalnya yang empuk berkarakter menyatu dengan irama blues dan reggae yang dialunkan.
Tembang kunci : Rayuan Gombal Metropolitan; Apa Kabar Kerinduan

94. Edo Kondologit
Peraih penghargaan Fidol Prize kategori Young Talented Artist di tahun 1994 pada ajang Golden Stage Festival Grason Rumania ini memang penyanyi bertalenta dari bumi Papua. Suaranya empuk tapi lagu genre apapun bisa ia nyanyikan dengan asyik meski konsentrasinya adalah musik jazz.
Tembang kunci : Memandang Wajahmu; Aku Papua; Poda

93. Waljinah
Keroncong yang digeluti oleh Si Walang Kekek hingga kini adalah bukti nyata dedikasi terhadap perkembangan musik yang berakar dari musik Portugis yang identik dengan ukulele atau kentrung dan seruling ataupun flute.
Tembang kunci : Walang Kekek; Ande-ande Lumut; Jangkrik Genggong

92. Harry Roesli
Seni adalah jiwanya. Musik adalah mata air yang mengalir liar dalam darahnya. Lewat senandung satir dengan irama musik kontemporer yang mengalun tanpa batas ia kabarkan borok pemerintah yang terus membusuk. Begitu juga dengan hal-hal kecil yang ada di sekeliling keseharian kita yang ia kemas dengan sinis dan jenaka. Ia, musisi pendobrak.
Tembang kunci : Blues Warung Domba; Malaria; Si Bebek

91. Ernie Djohan
Coba tanya ke orangtua anda, khususnya Ayah. Kalau Ayah anda suka musik, coba tanyakan siapa penyanyi favoritnya dulu saat muda? Mungkin Ernie Djohan salah satunya.
Tembang kunci : Senja di Batas Kota; Kau Selalu Di Hatiku; Teluk Bayur

90. Imaniar
Ia cukup dikenal dengan lagu-lagu pop jazzy apik yang ia bawakan bareng Lidya, dengan nama duet Lidya Imaniar. Tapi, penyanyi ini juga mencuatkan namanya sendiri lewat tembang seperti Kacau atau Hasratku.
Tembang kunci : Kacau; Hasratku; Ironi (Lidya Imaniar)

89. Andien
Penyanyi berbakat semakin mengkilap apabila terus diasah dengan tepat di tangan orang yang tepat. Andinie Aisyah Haryadi salah satunya. Dan tiba-tiba saya melihat sosok Lilis Suryani seperti terlahir kembali.
Tembang kunci : Meniti Pelangi; Sahabat Setia; Menjelma

88. Titiek Sandhora
Biduanita cantik bernama asli Oemijati ini kondang lewat tembang Si Boncel. Meski namanya seringkali tak dapat dipisahkan dengan Muchsin Alatas yang kemudian menjadi pasangan hidupnya, Titiek yang di masa tuanya masih terlihat cantik menawan ini tetap menjadi ikon tersendiri.
Tembang kunci : Si Boncel; Dunia Belum Kiamat (feat. Muchsin Alatas); Hatimu Hatiku

87. Doel Sumbang
Penyanyi kelahiran tanah Sunda ini tak bersuara sumbang, tapi saya menilainya karena karya-karyanya menyuarakan tentang kejanggalan di sekitar kita. Sentilan-sentilannya terhadap masalah sosial politik ia tuangkan dalam lirik dan lagu yang kadang jenaka.
Tembang kunci : Kalau Bulan Bisa Ngomong; Arti Kehidupan; Aku Tikus dan Kucing 

86. Krisdayanti
Saya akui suaranya cantik secantik parasnya.
Tembang kunci : Menghitung Hari; Terserah; Pilihlah Aku


85. Hetty Koes Endang
Jawara berbagai festival penyanyi di tahun 70an, Hetty memang pantas menjadi legenda.
Tembang kunci : Berdiri Bulu Romaku; Damai Tapi Gersang; Dingin

84. Anda Perdana
Vokal sang gitaris band Bunga yang enakdikuping mulai dikenal ketika melantunkan tembang garapan Melly Goeslaw untuk soundtrack sebuah film di tahun 2000. Album solonya bertajuk In Medio di tahun 2008 menggambarkan kepekaan seorang Anda dalam menelanjangi emosinya sendiri dengan lirik-lirik yang biru.
Tembang kunci : Tentang Seseorang; Dalam Suatu Masa; Biru

83. Inka Christie
Penyanyi seangkatan dengan Nike Ardilla ini semakin cantik ketika membawakan tembang berbalut rock balada.
Tembang kunci : Entah Mengapa; Yang Kunanti; Nyanyian Suara Hati

82. Hengky Supit
Rocker handal putra Sulawesi dengan suara melengking dalam memuntahkan seluruh isi hatinya.
Tembang kunci : Bila Engkau Ijinkan; Isi Hati; Asmara Dini

81. Indra Lesmana
Seorang Indra Lesmana adalah musisi hebat ketika berada di balik piano, tapi tak kalah oke sambil melantunkan lagu. Beberapa lagu ciptaannya ia nyanyikan berduet dengan beberapa wanita yang pernah ia pacari dan nikahi, seperti Dunia Boleh Tertawa dengan Titi DJ ataupun Tiada Kata yang ia bawakan bareng Sophia Latjuba.
Tembang kunci : Aku Ingin; Selamat Tinggal feat. Gilang Ramadhan; Cerita Lalu

80. Berlian Hutauruk
Tak ayal, corak sopran dalam album Badai Pasti Berlalu di tahun 70an melambungkan namanya.
Tembang kunci : Badai Pasti Berlalu; Semusim; Musim Bercinta

79. Mus Mujiono
Gitaris handal yang pernah menggawangi Funk Section ini bersuara temperamental.
Tembang kunci : Yang Pertama; Tanda-tanda; Arti Kehidupan

78. Nike Ardilla
Si cantik yang satu ini memang telah pergi selamanya. Tapi sederet tembang-tembangnya yang manis selalu menghidupkan kenangan akan seorang biduan papan atas Indonesia yang lekat dengan melodi meratap berbalut pop rock. Just leave the stage when crowd still applaus..
Tembang kunci : Bintang Kehidupan; Seberkas Sinar; Deru Debu


77. Reza Artamevia
Reza itu penyanyi unik. Suaranya berat, tapi saja saya atau pun anda pasti tertegun ketika tiba-tiba suaranya memekik. Dengan karakter messo-sopran yang ia punyai, tembang-tembang R 'n B yang ia lantunkan kian bernyawa.
Tembang kunci : Satu Yang Tak Bisa Lepas; Pertama; Biar Menjadi Kenangan

76. Tompi
Kalau saya Groover Washington Jr., saya akan luangkan waktu khusus untuk menulis lagu bagus buat Tompi. Niscaya dengan promosi yang tepat, Tompi mungkin akan lebih membahana.
Tembang kunci : Menghujam Jantungku; Sedari Dulu; Salahkah

75. Iga Mawarni
Halus, lembut dan melenakan.
Tembang kunci : Kasmaran; Sesal; Ingat Kamu

74. Heru Shaggydog
Rock steady atau Shaggydog sendiri menyebutnya doggy style yang mereka bawakan kian rancak dengan olah vokal Heru yang tebal menyalak.
Tembang kunci : Kembali Berdansa; Joni Lint; Anjing Kintamani


73. Fadly Padi
Musisi yang satu ini seperti orang yang enggan bernyanyi, tapi cukup total dalam mengeluarkan kemampuannya.
Tembang kunci : Sobat; Perjalanan Ini; Tak Hanya Diam

72. Hedi Yunus
Kahitna cukup sukses dengan lagu-lagu pop cantik yang banyak ditulis oleh Yovie Widianto dan dinyanyikan dengan manis oleh duo penyanyinya, yang salah satunya adalah Hedi Yunus.
Tembang kunci : Suratku; Adakah Dia; Cantik

71. Andy Liani
Rockstar yang mati muda dan melegenda.
Tembang kunci : Sanggupkah; Antara Kita; Ingin Rasanya

70. Steven Coconuttrez
Lagu-lagu reggae Steven dan vokalnya yang asyik membangkitkan asa akan hadirnya suksesor Imanez lainnya. Dengan idealisme yang konsisten seharusnya Steven bisa lebih meledak.
Tembang kunci : Lagu Santai; Welcome To My Paradise; Serenada

69. Evie Tamala
Menyanyikan lagu dangdut tak semudah yang anda kira. Dan beberapa penyanyi dengan cengkok dangdut terbaik dan khas berhasil menggoreskan nama emasnya sendiri di belantara musik yang dipopulerkan Ellya Khadam ini. Salah satu dari mereka adalah Evie Tamala.
Tembang kunci : Selamat Malam; Dokter Cinta; Cinta Ketok Magic

68. Dian Prahmana Poetra
Tipikal seniman jujur dalam bermusik dengan berbagai tembang andalan yang tetap nikmat didengar hingga kini.
Tembang kunci : Bohong; Kau Seputih Melati; Gadis di Kafetaria

67. Franky Salihatua
Salah satu legenda musik folk tanah air. Biasa berduet dengan sang adik, Jane, dengan nama duet Franky & Jane, Franky menciptakan puluhan lagu balada khas.
Tembang kunci : Lelaki dan Rembulan; Bis Kota; Perahu Retak

66. Lilo Kla
Meski bukan vokalis utama Kla Project, sesungguhnya warna tenor dalam vokal Lilo turut menghidupkan tembang-tembang Kla. Dan musikus berambut gondrong ini juga sempat merilis album di tahun 1996 bertitel Solo.
Tembang kunci : Prasangka; Sudi Turun Ke Bumi, Sandra

65. Lilis Suryani
Lilis Suryani bisa dikata sebagai avant-garde di tanah air bersama sederet artis ternama lainnya seperti Bing Slamet atau Titiek Puspa. Dengan warna alto-nya, Lilis mempesona dalam menyanyikan Gang Kelinci. Ia sudah bermusik di tahun 60an dan melantunkan Tiga Malam yang legendaris.
Tembang kunci : Tiga Malam; Genjer-genjer; Gang Kelinci

64. Yuki Pas Band
Yuki begitu tepat membawakan lagu-lagu punk-rock yang diramu dan disajikan bersama Pas.
Tembang kunci : Bocah; Kembali; Malam Tetaplah Malam

63. Bob Tutupoli
Dari seni peran Bob beralih ke dunia tarik suara yang ternyata membuat ekspresinya dapat dituangkan secara total. Totalitas itu ia awali dengan band jazz pimpinan Bill Saragih. Widuri menjadi masterpiece sang penyanyi yang juga dikenal sebagai host berbagai acara di TVRI tahun 80an.
Tembang kunci : Widuri; Mengapa Tiada Maaf; Tinggi Gunung Seribu Janji

62. Jopie Latul
Kembalikan Baliku adalah karya GSP yang sukses dinyanyikan Jopie dengan gaya nyanyi yang cukup unik. 
Tembang kunci : Kembalikan Baliku; Mari Badansa; Enggo Lari

61. Oppie Andaresta
Namanya mulai dikenal luas ketika merilis album pertamanya, Albumnya Oppie di tahun 1993, yang memunculkan hits Cuma Khayalan. Sebuah album yang berisi lagu-lagu yang ia ciptakan dan produseri sendiri. Gang Potlot menumbuhkan karakter pada lagu-lagunya yang banyak bertemakan sosial dan sedikit tentang cinta tapi dengan sentuhan naluri blues yang kuat.
Tembang kunci : Cuma Khayalan; Ingat-ingat Pesen Mama; Holiday Sendiri




60. Deddy Stanzah
The Rollies dan Superkid adalah dua grup tenar yang sempat menjadi pelabuhan karir musik pria dengan gaya hidup rock n roll ini. Sempat juga terlibat dengan God Bless sebagai bassist meski tak sampai menelurkan album. Namanya kian mencuat setelah tembang fenomenal Sepercik Air sukses dilantunkan dengan apik oleh penyanyi yang memiliki karakter suara mirip Robert Plant dengan kecenderungan kuat sebagai Mick Jagger-nya Indonesia.
Tembang kunci : Sepercik Air; Cemburu; Siapa Aku

59. Broery Pesolima
Bintang pop Indonesia di masa lalu yang lagu-lagunya masih banyak dinikmati khususnya oleh mereka yang ingin mengenang kembali ke masa-masa dulu.
Tembang kunci : Sepanjang Jalan Kenangan; Mungkinkah
58. Ade Manuhutu
Yang ini pun bintang yang gemerlap di langit musik Indonesia di tahun 70an. 
Tembang kunci : Nona Anna; Virgo; Balada Cendrawasih feat. Diana Nasution

57. Duta Sheila On 7
From Jogja with love. Bersama rekan-rekannya di Sheila on 7 saat itu, Duta mulai menancapkan kuku di panggung hiburan tanah air dan sukses mereka pun menjadi rujukan banyak band yang lahir di tahun 2000an awal.
Tembang kunci : Melompat Lebih Tinggi; Dan; Pejantan Tangguh

56. Glenn Fredly
Indonesia bagian timur, khususnya Ambon harus diakui sebagai penghasil musisi bersuara emas. Glenn Fredly salah satunya. Ia memiliki suara tenor yang mumpuni yang menunjang lagu-lagu cinta yang ia bawakan dengan penjiwaan yang impresif.
Tembang kunci : Kisah Romantis; Pantai Cinta; Cukup Sudah

55. Arul Efansyah
Arul punya karakter vokal yang cukup langka. Boleh dikata eksistensi Power Metal bergantung pada lengkingannya seorang.
Tembang kunci : Angkara; Pesta Dansa; Pengakuan

54. Imanez
Besar di Gang Potlot, lelaki bernama asli Abdul Firmansyah ini berhasil membumikan musik reggae di Nusantara. Dan, ia pergi meninggalkan hingar bingar irama alam dunia tepat di hari ulangtahunnya yang ke 36.
Tembang kunci : Samalona; Anak Pantai; Ikan Bakar

53. Vonny Sumlang
Vokal manis Vonny yang menggemaskan bisa didengar dalam Ratu Sejagad.
Tembang kunci : Maafkan Kasih (feat. Utha Likumahuwa); Ratu Sejagad; Ku Jatuh Cinta

52. Ermy Kulit
Ingat Ermy Kulit, ingat bossa nova. 
Tembang kunci : Jera; Kasih

51. Melky Goeslaw
Ayahanda Melly Goeslaw ini bersuara merdu nan syahdu.
Tembang kunci : Malam Yang Dingin; Pergi Untuk Kembali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar