Selamat Datang

SELAMAT DATANG :: SUGENG RAWUH :: ترحيب :: WELCOME :: BIENVENUE :: 的欢迎 :: WELKOM :: BEM-VINDO :: BIENVENIDOS :: καλωσόρισμα

Selasa, 06 November 2012

100 Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Zaman

Oleh : Ngadidjo Stinger

Bukanlah perkara gampang untuk menyusun daftar lagu Indonesia terbaik, apalagi terbaik dengan ukuran waktu sepanjang zaman. Dengan perbendaharaan lagu yang pernah saya dengar, saya akui sangat terbatas. Tapi saya merasa harus menulis daftar ini, setelah saya membuat daftar 100 lagu terbaik sepanjang masa di postingan yang lalu...

Negeri ini adalah negeri yang berhasil menelurkan ribuan musisi dengan berbagai gaya masingmasing, baik yang menjadi yang pionir atau tinggal meniru yang sudah ada. Meskipun musik barat khususnya dari Inggris Raya atau Amerika juga menjadi acuan musisi Nusantara. Begitulah yang saya pahami : setiap musisi atau seniman musik pastilah memiliki preferensi terhadap sebuah musik akibat dari apa yang mereka dengarkan entah dari artis idola mereka (lokal maupun manca) atau dari artis yang menjadi referensi. 

Meski begitu, sebagian penyanyi atau musisi Indonesia telah berhasil menulis lagu yang kemudian menjadi cirikhas mereka masingmasing dan berhasil memperkaya khazanah musik Nusantara dengan karya-karyanya yang inspiratif dan berbeda. Setidaknya hal ini terjadi hingga akhir abad 20. 

Suka atau tidak, berikut daftar lagu Indonesia terbaik sepanjang masa, yang telah saya buat dengan keterbatasan tapi tetap tegas. 

1. JUDUL LAGU : KESAKSIAN - ARTIS : KANTATA TAKWA / CIPTAAN : IWAN FALS & WS RENDRA - ALBUM : KANTATA TAKWA - TAHUN RILIS : 1990
gfgfg
Sebuah proyek berisikan para punggawa yang sudah diakui kedahsyatannya, menciptakan sebuah komposisi spiritual monumental. Iwan Fals, sebagai vokalis utama, dan personil lainnya melantunkannya dengan getaran magis dalam sebuah iringan menyentuh. Sentuhan Jockie pada kibor seakan membasuh jiwa-jiwa yang luka dan secara keseluruhan Kesaksian mengajak kita untuk bangkit. 

2. ROCK BERGEMA - ROXX / ROXX - ROXX - 1992
Rock Bergema adalah sajian berbobot berjiwa muda bercitarasa dinamis nan gagah dengan kemasan berlabel elegan dan siap dinikmati ketika anda lapar sesuatu yang cadas. Sebelum masuk list dalam album self-titled, Rock Bergema mengantarkan mereka sebagai runner up festival rock Log Zhelebour di tahun 1989.

3. DIRIMU - GANK PEGANGSAAN / HARRY MINGGOES - PALESTINA - 1987
Van Halen-nya Indonesia merilis tembang berbalut lirik dan aransemen megah dengan introduksi solo piano apik sebelum mereka menjejali kuping kita dengan rintihan musik rock nan glamor.

4. MIMPI - ANGGUN C SASMI / TEDDY SUDJAJA & PAMUNGKAS NM - MIMPI - 1989
Olah vokal Anggun dituangkan begitu bertenaga dalam sebuah lagu rock manis yang menandai kehadiran seorang lady rocker istimewa dalam blantika musik Indonesia.

5. BUNGA DI TEPI JALAN - KOES PLUS / YON KOESWOYO - KOES PLUS VOL. 4 - 1972
Inilah lagu terbagus band legendaris Indonesia yang telah merekam ratusan lagu dengan sejuta tema dan melekat di ingatan para pendengarnya hingga nanti.


6. DISTORSI - AHMAD BAND / AHMAD DHANI - IDEOLOGI SIKAP OTAK - 1998
Lagu ini sudah diawali dengan riff distorsi sesuai dengan judulnya, yang memberikan gambaran bagaimana selanjutnya. Sebuah karya tentang potret paradoks apa yang terjadi di negeri ini bahkan hingga kini, yang coba Dhani tuangkan bersama empat musisi dalam satu proyek idealisme jempolan.

7. KETIKA TANGAN DAN KAKI BERKATA - CHRISYE / CHRISYE & TAUFIQ ISMAIL -  KALA CINTA MENGGODA - 1997
Chrisye meminta Taufiq Ismail membuat lirik untuk sebuah lagu yang sudah ditulisnya. Lalu, sang penyair mendapat inspirasi dari Surat Yasiin ayat 65 dalam merangkai guratan lirik syahdu. Chrisye kesulitan saat merekam lagu ini, berkali-kali ia menangis saat mulai take vocal. Seperti suara Chrisye yang bergetar saat melantunkannya, hati saya pun bergetar ketika mendengarkannya. 

8. KOMPOR MLEDUK - BENYAMIN S / BENYAMIN S - 1973
Lirik lagu ini sebenarnya sederhana karena gambaran apa yang terjadi di Jakarta. Tapi nyatanya Bang Ben bisa mengemasnya dengan brilian : gaya vokal uniknya dan menyentil, yang turut ditunjang olahan musik yang apik.

9. BARCELONA - FARIZ RM / FARIZ RM - LIVING IN THE WESTERN WORLD - 1988
Saya membayangkan waktu itu seorang musisi idealis sedang mencoba membuat komposisi yang belum pernah direkam di negeri ini. Dan Fariz Rustam Munaf, sang idealis tersebut memang berhasil menyuguhkan komposisi fenomenal yang diberinya tajuk monumental : Barcelona.

10. BING - TITIEK PUSPA / TITIEK PUSPA - BING - 1974
Titiek Puspa menulis lagu beberapa waktu setelah mendengar kabar meninggalnya seniman serbabisa Bing Slamet. Lagu ini bisa menggambarkan kedekatan emosional Titiek dengan Bing yang bersama-sama merintis musik pop di tanah air. Dua personil Naif, David dan Emil melantunkan kesyahduan Bing di album tribut untuk penciptanya.

11. BONGKAR - SWAMI / IWAN FALS - SWAMI VOL. I - 1990
Banyak cara bisa ditempuh untuk menyuarakan anomali yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari, khususnya mengenai penindasan suatu pihak yang dianggap kuat kepada pihak lainnya yang dianggap lemah. Salurkan lewat seni, apabila jalur terbuka dirasa kurang memungkinkan karena biasanya represifitas si kuat diandalkan untuk menghalaunya secara keji. Bongkar, yang ditulis sang pendobrak bergitar, dan dengan musik yang ditata estetik oleh Jabo dkk., adalah salah satu gebrakan menggema yang pastinya meresahkan lingkaran kekuasaan saat itu. 

12. MUSISI - GOD BLESS / DONNY FATTAH - CERMIN - 1980 
Lagu yang ditulis sang bassis, Donny Fatah, adalah sebuah kemegahan dalam rangkaian nada alami Ahmad Albar dan nada elektromagnetis dari kepiawaian Ian Antono, Donny, Abadi Soesman, dan Teddy Sujaya.

13. NUANSA BENING - KEENAN NASUTION / KEENAN NASUTION - DI BATAS ANGAN ANGAN - 1978
Kalau anda sarjana bahasa Indonesia, mungkin anda gelisah dengan penggunaan kata "nuansa" dalam kehidupan seharihari yang sudah sangat melenceng jauh dari arti sebenarnya, dan berlangsung hingga kini. Sejenak tepikan itu saat menikmati untaian nada dengan nuansa kegembiraan dan kesedihan yang dialunkan lirih oleh Keenan Nasution.

14. JARUM NERAKA - NICKY ASTRIA / IAN ANTONO, ARENG WIDODO - JARUM NERAKA - 1985 
Lady rocker memainkan nada khas-nya dalam sebuah persembahan memikat yang digarap oleh Ian Antono dengan sentuhan berkarakternya. Saya pikir obyek lagu ini adalah mereka para musisi, khususnya musisi rock yang makin menggeliat di era 80an, yang mulai bersentuhan dengan kenikmatan semu bernama drugs.

15. BELUM ADA JUDUL - IWAN FALS / IWAN FALS - BELUM ADA JUDUL - 1992 
Album Belum Ada Judul bermaterikan tembang-tembang yang direkam secara live di studio, dimainkan secara sempurna dan natural oleh Iwan Fals bersama gitar bolong dan harmonika-nya. Lagu yang berjudul sama dengan titel albumnya ini, adalah sebuah potret persahabatan dan hidup yang tak bisa diuraikan dengan ungkapan apapun, sampaisampai sang avantgarde pun tidak memberikan judul untuk itu.

16. CUKUP SITI NURBAYA - DEWA 19 / AHMAD DHANI - TERBAIK TERBAIK - 1996 
Terinspirasi novel Indonesia lawas, Dewa 19 dengan skuad terbaiknya berhasil memperdengarkan lagu terbaik yang pernah mereka rilis. Pada versi rekaman berbentuk kaset, lagu ini didahului oleh sebuah instrumental indah bertajuk I.P.S.

17. GENERASI BIRU - SLANK / BIMBIM, KAKA, BONGKI, INDRA, PAY - GENERASI BIRU - 1993 
Satu garapan musisi gang Potlot yang mencapai ultima ratio : harmonisasi paling sempurna dari olahan karsa para personilnya yang seakan-akan bersahutsahutan dalam menunjukkan keakuan-nya masingmasing.

18. GENJER GENJER - BING SLAMET; LILIS SURYANI / M. ARIEF - MARI BERSUKA RIA DENGAN IRAMA LENSO - 1965 
Kurang lebihnya sebuah gambaran perjuangan kaum kecil demi sesuap nasi. Lagu yang ditulis seniman M. Arief dilantunkan dengan penjiwaan apik Bing Slamet. Lilis Suryani juga melantunkannya dengan baik. Dengan irama lenso yang mengiringi lagu rakyat tradisional Jawa Timur ini, terdengar sederhana tapi mengguncang. Lainnya, silakan pikirkan sendiri.

19. ROMANSA - KLA PROJECT / KATON, LILO, ADI - KELIMA -1995 
Kepekaan nurani dan hasrat yang menyatu dari para personil Kla memberikan sajian romantis yang menghangatkan jiwa dan naluri.

20. KEBYAR KEBYAR - LEMON TREE'S ANNO '69 / GOMBLOH - KEBYAR KEBYAR - 1979 
Rasa cinta tanah air dituangkan Gombloh dalam sebuah karya legendaris yang hingga detik ini masih dikumandangkan disaat kondisi bernegara negeri ini berada dalam titik nadir.


21. BEBAS - IWA K / IWA K - TOPENG - 1995
Musik rap ato hiphop jelasjelas musik impor. Tapi di tanah air, Iwa K cukup sukses merintis musik yang di Amerika identik dengan tema seks, drugs, kebrutalan atau juga terkadang cerita seorang artis yang dilukiskan satir. Lagu ini menandai munculnya wilayah baru dalam konstelasi musik Indonesia yang begitu berwarna di era 90an.

22. KEMBALIKAN BALIKU - JOPIE LATUL / GURUH SOEKARNO PUTRA - 1987
Selain Jopie, Elfa’s Singers juga merekam lagu ini. Satu yang terbaik dari kreatifitas cantik buah eksperimen brilian Guruh Sukarno Putra yang juga menampilkan sentuhan etnik khas Bali, kemudian dibawakan dengan gaya bernyanyi sensasional Jopie Latul.

23. ESOK ‘KAN MASIH ADA - UTHA LIKUMAHUWA / DODO ZAKARIA - BERSATU DALAM DAMAI - 1983
Penyanyi jazz terbaik tanah air membawakan tembang pop jazzy manis yang diciptakan oleh Dodo Zakaria.

24. BONEKA DARI INDIA - ELLYA KHADAM / ELLYA KHADAM - 1957
Boneka Dari India adalah cikal bakal musik dangdut. Diiringi oleh Orkes Melayu Kelana Ria pimpinan Adi Karso dan Munif Bahasoan, lagu ini menyajikan elemen musik India yang menghasilkan bunyi dang-dang-dut hasil usulan seluruh musisi Kelana Ria dan Ellya sendiri. Bunyi dang-dang-dut dalam lagu ini, seperti ditulis pemerhati seni Remy Silado, belum pernah dipakai oleh musisi lain sebelumnya.

25. APEL PERTAMA - HARI MOEKTI / JESSI ROBOT - ADA KAMU - 1988
Geliat rock tanah air di era 80an salah satunya memunculkan hits dengan lantunan vokal garang berkarakter Hari Moekti. Apel Pertama adalah lagu dengan lirik berbeda, menggoreskan sendiri namanya dalam deretan tembang terbaik tanah air sepanjang zaman.

26. ANGAN - GIGI / GIGI - ANGAN - 1994
Awal kehadiran Gigi di belantika musik Nusantara boleh dikata sebagai jelmaan Mr. Big yang saat itu melahirkan tembang-tembang rock lembut dengan performa elegan para personilnya. Begitupun halnya dengan performa keren para punggawa Gigi yang berhasil menggarap lagu terbaiknya ini.

27. YANG TERLUPAKAN - IWAN FALS / IWAN FALS - SARJANA MUDA - 1981 
Disamping lagu yang bertema gambaran realitas sosial seharihari atau tentang kebobrokan penguasa, Bang Iwan begitu piawai dalam mengolah tembang cinta. Seperti dalam tembang Yang Terlupakan, yang juga direkam ulang bersama Swami dengan sentuhan yang lebih segar.

28. SAKURA - FARIZ RM / FARIZ RM & JIMMY PAAIS - SAKURA - 1980
Satu lagi sentuhan impresif Fariz RM yang senantiasa bergaung melewati zaman yang terus berganti. Sakura menampilkan cipta rasa karsa aktual pada harmonisasi musik dan lirik yang ciamik.

29. LENGGANG PUSPITA - AHMAD ALBAR / GURUH SOEKARNO PUTRA - GILANG INDONESIA GEMILANG - 1986
Seorang Ahmad Albar identik dengan rock. Tapi dengarkan kebeningan suaranya dalam tembang pop dengan garapan musik estetik Guruh Sukarno Putra.

30. MEMANG - SLANK / SLANK - SUIT SUIT HE.. HE.. (GADIS SEXY) - 1990
Lagu Memang adalah salah satu karya Slank yang tampil pada album perdana mereka, Gadis Sexy. Menyuguhkan riff yang apik, permainan kibor menawan Indra Q, betotan bass dinamis Bongky, serta gebukan dahsyat Bimbim pada drum. Satu lagi, lirik tegas yang nendang.

31. LINGKARAN AKU CINTA PADAMU - SAWUNG JABO / SAWUNG JABO - ANAK WAYANG - 1995
Tentang keagungan Tuhan, Sang Maha Tinggi Yang Meliputi Seluruh Semesta Alam, Sawung Jabo memiliki afektifitas tak terbendung yang ia senandungkan dalam perenungannya.

32. SABDA ALAM - CHRISYE / CHRISYE & JUNAEDI SALAT - SABDA ALAM - 1978
Kemegahan lagu ini begitu terasa sejak awal alunan kibor yang dimainkan Jockie Suryoprayogo dan suara kicauan burung, lalu Chrisye masuk melantunkan kekaguman pada alam semesta. Angkat topi buat Jockie, yang sejatinya adalah rocker, menggarap tata musik di album ini dengan sentuhan lembut luar biasa.

33. AKU INGIN PULANG - EBIET G ADE / EBIET G ADE - AKU INGIN PULANG - 1996
Dalam menulis bait-bait lagu, mungkin seorang Ebiet berkontemplasi. Lihat bagaimana ia menulisnya untuk lagu ini.

34. ANGKARA - POWER METAL / POWER METAL - POWER ONE - 1991
Produk unggulan dari sebuah band metal dengan lengkingan dahsyat Arul, sang vokalis tiada banding yang bergabung dalam pembuatan album perdana. Pada drum, Mugix memainkan juga dobel pedal yang identik dengan musik cadas ini. Sekedar pengingat, Power Metal adalah jawara festival rock Log Zhelebour kelima pada tahun 1989 dengan lagunya Malapetaka kala itu.

35. NUSANTARA - KOES PLUS / TONNY, YON, YOK, NOMO+MURRY - 1973 --- 1978
Tembang Koes Plus ini memiliki beberapa jilid lagu yang berjudul identik, dengan musik dan lirik yang berbeda, tapi memiliki satu kesamaan : semuanya tersaji gemilang. Apa yang tersimpan di alam bumi pertiwi, tersaji dalam lagu-lagu ini sebagai bentuk kekaguman anugerah Sang Maha Pemberi kepada bumi Indonesia.

36. PAK TUA - ELPAMAS / IWAN FALS - TATO - 1991
Karya Iwan Fals dibawakan dengan apik oleh sebuah band rock yang digawangi Toto Tewel.

37. TOLONG BU DOKTER - FLOWERS / FLOWERS - 17TH KE ATAS - 1996
Jelas ini lagu patah hati, karena memang dibumbui lirik berisi ratapan. Tapi lihat bagaimana Flowers mengemasnya dengan sentuhan rock yang begitu segar seakan menafikan segala kepiluan yang sedang melanda.

38. BUNGA - RIF / RIF - RADJA -1997
Tahun 1997 sebuah band dari kota kembang sukses dengan album perdananya yang berhasil menonjolkan warna musik rock dengan gaya mereka. Band itu adalah Rif, menampilkan Bunga pada album bertajuk Radja, sebuah komposisi yang mudah dicerna dan menggebrak.

39. KAU SEPUTIH MELATI - DIAN PRAMANA POETRA / JOCKIE SURYOPRAYOGO - KAU SEPUTIH MELATI - 1986
Lagu bagus gubahan Jockie Suryoprayogo yang dinyanyikan vokal lirih Dian Pramana Poetra.

40. JUDI - RHOMA IRAMA / RHOMA IRAMA - SONETA VOL. XIV - 1988
Legenda hidup musik dangdut tanah air, membawakan lagu terbaik gubahannya sendiri yang berisi nilai moral dalam kemasan citarasa khas yang turut diiringi grup Soneta.

41. DAMAI TAPI GERSANG - HETTY KOES ENDANG & AJIE BANDI / AJIE BANDI - 1977
Yang tak terlupakan, sebuah karya klasik yang menggemakan nama Indonesia dalam festival lagu populer dunia di Jepang waktu itu, satu gubahan brilian seorang Ajie Bandi, dengan penjiwaan lagu tak terbantahkan dalam tarikan vokal Hetty Koes Endang dan Ajie sendiri.

42. LELAKI DAN REMBULAN - FRANKY & JANE / FRANKY SAHILATUA - LELAKI DAN REMBULAN - 1992
Ingatan saya melayang pada masa remaja saat bersama kawan-kawan sepermainan hampir selalu menyanyikan lagu ini tiap kami berkumpul. Dengan gitar tua yang dimainkan seorang kawan, perasaan senang menghinggapi setiap kali melantunkannya meskipun Franky & Jane sesungguhnya sedang bersenandung kepiluan.

43. SUGALI - IWAN FALS / IWAN FALS - SUGALI - 1984
Dengan irama country yang ceria, satu lagu tentang preman kawakan melantun dengan riang.

44. SOBAT - PADI / PADI - LAIN DUNIA - 1999
Padi melejit dengan single Sobat yang berhasil masuk album kompilasi indie di tahun 1998. Lagu yang selanjutnya mengantarkan mereka menuju kontrak rekaman impian. Aransemen digarap dengan baik, yang saya lihat sedikit banyak dipengaruhi The Police. Performa tiap punggawanya juga cukup mumpuni dan nama Padi semakin harum setidaknya hingga satu dekade sesudahnya.

45. IKUTI - EDANE / EDANE - THE BEAST - 1992
Edane mengajak kita menyanyikan lagu-lagu yang berani. Memang inilah garapan bernyali dari band yang konsisten dengan warna musik yang mereka geluti sejak awal.

46. CATATAN SI BOY - IKANG FAWZI / HARRY SABAR - OST CATATAN SI BOY - 1987
Ikang Fawzi mengeluarkan kemampuan terbaiknya dalam sebuah lagu tema untuk sebuah film yang tenar di medio 80an.

47. MOBIL BALAP - NAIF / NAIF - NAIF - 1998
Kemunculan lagu ini menandai hadirnya sebuah grup musik lain daripada yang lain yang mencoba kembali ke era avant-garde musik dunia tahun 60an.

48. NYANYIAN TANAH MERDEKA - LEO KRISTI / LEO KRISTI - KONSER RAKYAT: NYANYIAN TANAH MERDEKA - 1971
Dengan guratan katakata penggugah jiwa, Leo Kristi secara lantang membawakan nyanyian untuk mereka para pemberani yang maju di medan perang, melawan musuh penjajah asing atau penjajah pribumi yang tega merampok, membunuh, menghasut, dan menindas sesama orang Indonesia dengan keji, demi kepentingan perut mereka sendiri.

49. ANAK PANTAI - IMANEZ / BONGKY - ANAK PANTAI - 1994
Sang legenda bernyanyi dalam satu irama reggae yang tetap abadi mengalun dalam sukacita di setiap jiwa berkehendak bebas dan tak terkekang.

50. BURUNG CAMAR - VINA PANDUWINATA / IWAN A & ARYONO HDS - BURUNG CAMAR - 1985
Lagu ini begitu melekat dengan Vina Panduwinata, selain turut melambungkan namanya sebagai penyanyi papan atas. Lagunya cantik, Vina pun menyanyikannya dengan begitu cantik.

51. SATU KATA - ADEGAN / INDRA LESMANA & DONNY SUHENDRA - SELANGKAH DI DEPAN - 1992 
Sumbangan lainnya olah vokal Hari Moekti, kali ini bareng band Adegan yang juga bercokol Indra Lesmana, Donny Suhendra, Gilang Ramadhan dan juga Mates. Dengan pemusik-pemusik hebat di dalamnya, Adegan menawarkan sajian bermutu. Sempat menggarap tiga album, mereka kemudian meninggalkan warisan berharga yang tak terlupakan.

52. RATU SEJAGAD - VONNY SUMLANG / DANI MEMESAH - RATU SEJAGAD - 1987 
Olah vokal Vonny yang menggemaskan dan melenggang dalam tembang asyik Ratu Sejagad menyegarkan suasana, di hati anda dan ruangan dimana anda berada.

53. CINTA DI KOTA TUA - NICKY ASTRIA / DONNY FATAH & YUDHIE NH - CINTA DI KOTA TUA - 1989 
Donny Fatah dan Yudhie NH awalnya memberi judul untuk lagu ini Malam Minggu dengan lirik yang berbeda pula. Lagu tersebut sempat dinyanyikan oleh penyanyi Dian Mayasari. Lirik kemudian diubah dan selanjutnya menjadi tembang hits teteh rocker.

Kover kaset album Badai Pasti Berlalu (1977)
54. BADAI PASTI BERLALU - BERLIAN HUTAURUK / EROS DJAROT - OST BADAI PASTI BERLALU - 1977 
Fenomena dalam blantika musik nasional. Satu lagu dahsyat dinyanyikan dengan warna vokal sopran Berlian. Lagu garapan Eros Djarot ini sungguh inspiratif.

55. RINDUKU ADINDA - PROTONEMA / PROTONEMA - 1996 
Medio 90an, hadir sebuah band yang menyumbangkan karya-karya yang cukup kental dengan warna rock balada. Band itu adalah Protonema, dengan tembang yang enakdikuping, Rinduku Adinda.

56. KAU - NETRAL / BAGUS NETRAL - ALBUM MINGGU INI - 1998 
Direview oleh : Kresna Kumara Jati 
Terima Kasih kepada Netral yang membawa perubahan dan angin segar terhadap industri musik Indonesia memasuki babak baru era 90an. Gebrakan musik berisik, lirik yang apa adanya (bukan berarti se-adanya) menunjukkan kebebasan bermusik yang di kemudian hari mampu diterima masyarakat Indonesia khususnya di bidang musik. Tentu masih ingat di masa-masa itu lagu-lagu slowrock / ballads sangat merajai dan digandrungi. Netral berhasil mencuri posisi dengan aliran musik yang benar-benar lain. 

57. SALAH - POTRET / MELLY GOESLAW - POTRET II - 1997
Sebuah produk berkualitas dan berbeda dari band beranggotakan tiga personil unik yang juga melambung di medio 90an.



58. PEMUDA - CHASEIRO / CHANDRA DARUSMAN - PEMUDA - 1978
Satu lagu pop gemilang di era 70an, cukup kental dengan unsur jazz yakni bossa nova, yang mengemas kegelisahan kaum muda. Dibawakan oleh grup vokal yang tiap personilnya juga piawai memainkan alat musik.

59. DARAH JUANG / JOHN TOBING - 1998 
Selain berhasil melengserkan Suharto, gerakan mahasiswa tahun ’98, khususnya di Jogjakarta turut melahirkan nyanyian penggebrak yang kemudian identik dengan aksi unjuk rasa. Teknoshit, sebuah grup musik Jogjakarta turut merekam ulang Darah Juang dengan spirit dan sentuhan musik khas mereka.

60. KHAYALANKU - HALMAHERA / HALMAHERA - ALAM DAN SENI - 1996
Lagu jazz-fusion manis yang digarap oleh para musisi jazz yang konsisten dengan ranah kehandalan mereka hingga kini, seperti Tohpati dan Indro.

61. KEHIDUPAN - GOD BLESS / JOCKIE SURYOPRAYOGO - SEMUT HITAM - 1988
Lagu wajib rockmania. Salah satu komposisi terbaik God Bless yang masuk dalam album Semut Hitam. Sedikit terlihat ada warna Bon Jovi di sini. Duet rocker seangkatan mereka, Gito Rollies dan Deddy Stanzah turut merekam tembang karya Jockie ini dengan gaya mereka.

62. BENGAWAN SOLO / GESANG - 1940
Keroncong legendaris, mahsyur, gemilang dan membumi. Selain Gesang sendiri, artis Indonesia yang pernah merekam lagu ini antara lain Oslan Husein, penyanyi dan aktor asal Minang, yang membawakan tembang kebanggan Indonesia ini dengan gaya rock iringan Orkes Teruna Ria. Ada juga Hetty Koes Endang dan juga Sundari Sukotjo. Imperialis Jepang membawa tembang ini ke Negeri Sakura dan sejenak kemudian Bengawan Solo populer disana. Setidaknya Bengawan Solo telah direkam dalam sepuluh bahasa asing.


63. TANDA TANDA - MUS MUJIONO / ODDIE AGAM - YANG PERTAMA - 1988 
Pertunjukan olah vokal tempramental dari sang gitaris handal untuk sebuah lagu yang siap meledakkan hati anda.

64. LAGU EMPAT - IWAN FALS / IWAN FALS & FAJAR BUDIMAN - HIJAU - 1992
Lagu Empat [Menang] adalah sebuah warna lain dari sang maestro karena musisi pendukung yang berbeda dari album-album sebelumnya. Hanya saja di lagu ini, Iwan Fals tidak tampil sebagai penyanyi utama, seperti halnya Nenekku Okem atau Cantik Munafik yang ia nyanyikan bareng Dama Gaok dan Maman Piul.

65. SISA - POWERSLAVES / POWERSLAVES - METAL KARTUN - 1996 
Powerslaves punya satu tempat khusus di hati para pecinta musik rock. Dengan letupan dahsyat para punggawa band yang lahir di kota Semarang itu, mereka sukses melejitkan tembangtembang rock yang asyik di telinga. Sisa adalah garapan perdana yang melambungkan Powerslaves dalam gegap gempita rock Indonesia.


66. STATIS - PLASTIK / PLASTIK - INSTING PSIKO & HARMONI - 1997
Kreasi alternatif yang melayang menghiasi langit musik Indonesia di paruh kedua era 90an.

67. PESAWAT TEMPURKU - IWAN FALS / IWAN FALS - 1910 - 1988
Aransemen musiknya digarap Ian Antono. Sesuatu yang menjadi cirikhasnya. Mendengarkan tembang ini, saya jadi teringat Peace of Mind-nya Boston (1976).

68. ADAKAH LAGI PELANGI - EDDY SILITONGA / YOHANNES P. - EDDY SILITONGA & EDDY'S GROUP VOL. II - 1973
Ada semangat meruncing pada lagu ini yang didendangkan dengan prima oleh Eddy Silitonga.

69. MALARIA - HARRY ROESLI GANG / HARRY ROESLI - PHILOSOPHY GANG - 1973 
Komposisi fenomenal yang terdengar mendobrak mainstream, yang sarat metafora-metafora khas Harry Roesli.

70. BITCHY ANIMAL - ACROPOLIS#1 / GRIWO & VIEN - THE HUMAN RIGHT - 2007
Komposisi segar dari kota budaya Jogjakarta : untuk mereka yang dipinggirkan dan terbuang karena kecuekan atau entah karena kedunguan pengurus negara. Judul lagu diambil dari sebuah sajak Chairil Anwar seperti yang Acropolis ungkapkan dalam lirik lagu.

71. BENCI SENDIRI - ATIEK CB / CECEP AS & LODI H - BENCI SENDIRI - 1995 
Atiek CB mempersembahkan desahan vokalnya yang akan selalu dirindukan penikmat sejati musik Indonesia.

72. SERENADA - STEVEN & COCONUT TREEZ / STEVEN - EASY GOING - 2008
Reggae dialunkan dengan vokal Steven yang empuk coba menghapus dukalara kaum marjinal. Liriknya menggugah dengan musik yang akan mengajak anda cooling down sejenak.

73. APANYA DONG - EUIS DARLIAH / TITIEK PUSPA - APANYA DONG - 1982 
Yang ini juga berirama reggae, dan hebatnya Euis Darliah memuntahkan karakter vokalnya yang ngerock habis pada refrain, sementara musik reggae tetap dimainkan kalem.

74. TAK KUDUGA - RUTH SAHANAYA / ERWIN GUTAWA & LULU GUTAWA - TAK KUDUGA - 1989
Dipersembahkan oleh mutiara cantik menawan bersuara cantik berlian, Tak Kuduga benarbenar dihidupkan oleh totalitas seorang Uthe.

75. NEKAD - JAMRUD / AZIS MS - NEKAD - 1996
Jamrud datang dengan balutan lirik yang terkadang nakal dan tema-tema yang segar, dan tentu saja musik rock mereka yang berkarakter. Nekad adalah sebuah contoh, dan komposisi terbaik mereka yang kelak menjadi warna sejati band yang ditinggal mati oleh dua personil aslinya.

76. RAYUAN GOMBAL METROPOLITAN - THE PINEAPPLES / PENGKY - URBAN RHAPSODY - 2008
Dari sebuah sudut yang riuh di kota Jogjakarta, hentakan blues bergegas menjejali kaki-kaki gelisah. Ode buat metropolitan dengan segala kenikmatannya, dan bagi anda yang tak berbekal apaapa, tinggalkan mimpi itu.

77. SANGGUPKAH - ANDY LIANY / ANDY LIANY - MISTERI - 1992 
Komposisi rock balada apik dengan hentakan suara rocker yang mati muda.

78. CINTA MELULU - EFEK RUMAH KACA / EFEK RUMAH KACA - EFEK RUMAH KACA - 2007
Kegelisahan sekumpulan pemuda penggebrak atas serangan musik mendayudayu di tanah air. Lagu cinta atau patah hati bukannya salah, tapi kalau digarap dengan lirik, aransemen, dan vokal yang baik, tentulah akan terdengar elegan. Dan ini yang mungkin ingin disampaikan oleh Efek Rumah Kaca dengan musik alternatifnya.

79. PADA SUATU KETIKA - SUJIWO TEJO / SUJIWO TEJO - PADA SUATU KETIKA - 1998
Sujiwo Tejo mengatakan ia terinspirasi nada-nada Banyuwangi dalam menggarap musik lagu ini, dimana di daerah itu pengaruh [musik] Cina dan Jepang Kuno begitu kuat. Liriknya sarat makna : kurang lebihnya harapan berakhirnya keangkaramurkaan di negeri ini, yang bisa dikorelasikan dengan demonstrasi besarbesaran menuntut mundurnya Suharto dari kursi kepresidenan.

80. BENDERA - COKELAT / EROSS CANDRA - RASA BARU (REPACKAGE) - 2001
Frontman Sheila on 7 menulis lagu kebanggaan pada Nusantara yang diejawantahkan dengan cemerlang oleh Cokelat.

81. MELATI DARI JAYAGIRI - TRIO BIMBO / IWAN ABDULRAHMAN - TRIO BIMBO 1971 - 1971
Trio Bimbo membawakan tembang puitis ciptaan Iwan Abdulrahman, dalam keheningan dan kelembutan melekat, yang terangkum dalam album yang memuat lagu-lagu hits musisi tanah air dan juga mancanegara yang dikover oleh mereka.
Kover CD Trio Bimbo 1971 (Foto koleksi Denny Sakrie / dennysakrie63.wordpress.com)
82. JEMU - KOES PLUS / TONNY KOESWOYO - IN HARD BEAT - 1976
Walaupun beragam corak musik mewarnai lagu-lagu mereka, Koes Plus juga bisa disebut sebagai biangnya musik rock tanah air, seperti dalam lagu Jemu yang dengan keberanian Tonny Koeswoyo pada vokal.

83. PELABUHAN CINTA - HARVEY MALAIHOLO & IRENG MAULANA / RYAN KOTO - HARVEY IRENG BAGIAN 2 - 1985
Sejuk nian lagu ini, dengan lantunan biduan ternama tanah air.

84. KEBEBASAN - SINGIKU / SINGIKU - CERITA PAGI - 1997
Singiku menelaah kebebasan dalam bermusik dalam satu improvisasi yang renyah.

85. WIDURI - BOB TUTUPOLI / ADRIADIE - BOB TUTUPOLI - 1976
Bob Tutupoli mencoba mengobati luka sang cindur mata dengan getaran syahdunya.

86. MATRAMAN - THE UPSTAIRS / JIMI MULTHAZAM - MATRAMAN - 2004 
Kalau yang ini garapan kreatif band Jakarta yang coba flashback ke era 80an dengan konsep new-wave, meluncur dari Matraman menyeruak di selasela selera pasar yang payah dan melelahkan.

87. LA SAMBA PRIMADONA - KRAKATAU / INDRA LESMANA & TRIE UTAMI - 1987 
Krakatau menyuguhkan samba jazz yang menggairahkan dengan sokongan kreatif para pemusik di tiap posisi.

88. KEMBALI - PAS / PAS - PSYCHO I.D. -1998
Bengbeng menyajikan riff apik sebagai hidangan pembuka sebelum semua personil grup musik asal Bandung ini mempersilakan pendengarnya menikmati hidangan utama beraroma punk-rock.

89. SETAHUN KEMARIN - KAHITNA / YOVIE WIDIANTO - SAMPAI NANTI - 1999
Geliat Kahitna menciptakan karya indah yang tentunya dikomandoi oleh Yovie Widianto.

90. ISI HATI - HENGKY SUPIT / HENGKY SUPIT - ISI HATI - 1996
Hengky Supit memuntahkan isi hatinya dengan lengkingan khas dalam citarasa blues.

91. SALAM UNTUK DIA - VOODOO / YOYO RAGIL - SELAMANYA - 1997 
Lagi karya anak bangsa yang mengudara di era 90an. Era ini bisa dikata sebagai puncak pencapaian musik berkualitas di bumi pertiwi. Para musisi benarbenar memutar otak untuk memberikan sajian terbaik bagi penikmat musik tanah air. Segala cipta rasa karsa mereka tuangkan dengan totalitas masingmasing. Seperti Voodoo yang melenggang impresif dengan Salam Untuk Dia.

92. KIDUNG - CHRIS MANUSAMA / CHRIS MANUSAMA - LCLR PRAMBORS - 1978
Gubahan berkesan yang menggapai puncak dalam Lomba Cipta Lagu Remaja Prambors di tahun 1978. Disanalah kidung ini mulai dilantunkan oleh seorang Chris Manusama.

93. MELOMPAT LEBIH TINGGI - SHEILA ON 7 / EROSS CANDRA - OST. 30 HARI MENCARI CINTA - 2005 
Sheila on 7 sukses melejitkan tembang bertempo cepat yang menggebrak dengan sentuhan disko pada refrain.

94. KEMBALI BERDANSA - SHAGGYDOG / SHAGGYDOG - KEMBALI BERDANSA - 2006 
Band rock steady Jogjakarta yang telah melanglangbuana menyajikan komposisi brilian yang rancak-menyentak membangkitkan suasana yang hening.

95. ENOUGH - PURE SATURDAY / PURE SATURDAY - PURE SATURDAY - 1996
Harry Roesli pergi meninggalkan warisan dan sikap yang begitu berharga dan bermakna. Semangat musik indie di tanah air yang mengedepankan kebebasan bermusik selain dalam hal pendistribusian karya-karyanya, saya kira begitu mempengaruhi geliat musik di era 90an. Pure Saturday, yang juga berasal dari kota kembang sama halnya dengan sang legenda, mencoba mengais kembali semangat itu. Satu karya terbaik mereka, Enough, yang merupakan bentuk kebosanan mereka terhadap dunia yang dipenuhi hasrat adu kuat dan adu kuasa, dengan musik yang dikemas merdeka.

96. BERCINTA DI UDARA - FARID HARJA / FARID HARJA - BERCINTA DI UDARA - 1983
Farid Harja jatuh cinta dan ia tuangkan dalam komposisi yang asyik, yang sarat dengan sandisandi khas handy-talkie.

97. PELANGI - BOOMERANG / BOOMERANG - X'TRAVAGANZA - 2001
Ada banyak lagu berjudul sama dengan tembang garapan Boomerang ini. Tapi yang ini menyentak dengan permainan melodius John Paul Ivan dan kedahsyatan vokal Roy Jeconiah.

98. TERSERAH - HUMANIA / EQ & HERU - TERSERAH - 1994
Duo Eq dan Heru yang tergabung dalam Humania melejitkan satu kreasi asyik dan akan tetap asyik hingga nanti, dengan irama reggae yang dibesut dinamis.

99. ANGSA PUTIH - ARWANA / ARWANA - ASA -1997
Arwana mengedepan saat itu dengan tembang pop menawan yang cenderung sendu, karena aransemen dan olah vokal yang terdengar menyayat, juga pada permainan biola Hendri Lamiri.

100. EKSPRESI - TITI DJ FEAT. INDRA LESMANA / INDRA LESMANA & MIRA LESMANA -  EKSPRESI - 1988
Akhirnya, seluruh karya musik anak bangsa adalah bentuk ekspresi mereka atas segala hal yang menggumpal dalam benak dan jiwa, dengan kehandalan, cita dan cinta masingmasing kepada seni dipersembahkan khususnya bagi seluruh penikmat musik tanah air, dan seluruh bangsa pada umumnya. Dengan memahami betapa cipta rasa dan karsa yang dituangkan oleh para musisi dalam berkarya, semangat dan kreatifitas mereka patutlah diapresiasi. Dan, Indra Lesmana dan Titi DJ mengakhiri perjalanan ini dengan satu karya megah universal yang senantiasa bergaung dalam setiap kesempatan.


Lihat juga :

7 komentar:

  1. Waww, lengkapnyoo. .
    Makasih infonya gan, jdi punya referensi bwt dunlud (y)

    Kunjung balik blog ane gan, ane jual sepatu bordir yg keren abis

    Sepatubordir22.blogspot.com

    Makasih sbelumnya
    :)

    BalasHapus
  2. keren lengkap

    kunjungi juga gan semoga all membalas infonya Waaww kreatif banget gan ,ane punya banyak

    kunjungi juga gan semoga all membalas infonya ,

    www.sepatubordirmuraah.blogspot.com

    BalasHapus

  3. kunjungi juga gan semoga all membalas infonya Waaww kreatif banget gan ,ane punya banyak
    semoga bisa meniru memanfaatkannya

    kunjungi juga gan semoga all membalas infonya ,

    www.sepatubordirmuraah.blogspot.com

    BalasHapus
  4. pasti lama banget ngerjainnya nih Oom, patut diapresiasi.

    BalasHapus
  5. lengkap ya om daftarnya salut
    http://tamboenman.blogspot.com

    BalasHapus
  6. keren om sesuai selera saya...ijin copas ke FB saya..akan saya cantumkan link sumber aslinya..terimakasih

    BalasHapus